Alamat Biro Majalengka: Jl. Raya Bandung-Cirebon, Blok Warna Sari 2, Kosan 3 Saudara, Desa Gandasari, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka-Jawa Barat. Tlp. 085321202912, email:majalengkabiro@gmail.com. Alamat Redaksi SKU WIP: Jl. Holis No.16, Sudirman-Bandung, Tlp. 022-87786328 - 08122027778, email: redaksiwip@yahoo.com

Dinamika Politik Pemilu 2014

Dalam proses dan pelaksanaan setiap tahapan pemilu terbuka ruang-ruang pelanggaran yang dapat melibatkan orang perorangan, kelompok, golongan, partai, organisasi massa, dan rakyat banyak. Betapa mengerikan akibatnya, ketika kesadaran hukum dan berdemokrasi dalam pemilu ini dikesampingkan, hanya karena kepentingan politik sesaat khususnya elit-elit partai politik yang berkepentingan dan warga bangsa yang terlibat langsung dalam pesta demokrasi 2014 pada umumnya.

Penyelenggaraan Pemilu 2014 merupakan sebuah peristiwa politik yang berskala besar dan berspektrum luas. Pemilihan umum membutuhkan berbagai kondisi yang kondusif, yang memungkinkan peristiwa demokrasi itu dapat berlangsung dengan aman, tertib, lancar, efektif, dan sudah barang tentu harus demokratis. Perkembangan politik dimasa mendatang akan sangat ditentukan oleh kualitas proses dan hasil Pemilu 2014. Pada saat yang sama bangsa Indonesia juga dihadapkan pada tantangan dan tugas berat untuk mengatasi berbagai masalah bangsa di bidang sosial, budaya, ekonomi, hukum dan hak asasi manusia, yang semuanya masih mewarnai proses berlangsungnya kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pemilihan Umum yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 April 2014 adalah kesempatan kita untuk memilih masa depan Indonesia yang bersih, kuat, aman, bermartabat dan berdikari.

Apabila proses pemilihan umum cacat, kalau hasilnya tidak diterima oleh semua pihak, maka negara kita bisa benar-benar berubah dari negara hukum menjadi negara hukum rimba.

Berkaitan dengan hal tersebut penting untuk menjadi catatan kita bersama untuk memetakan potensi masalah dalam penyelenggaraan Pemilu 2014. Pemetaan terhadap isu-isu krusial yang potensial muncul sehingga dapat menyebabkan Pemilu gagal terlaksana atau terlaksana namun tidak demokratis yakni keterpilihan Calon Legislatif dan Calon Presiden/Wakil Presiden tidak sesuai dengan pilihan rakyat.

Pemilu di Indonesia sebagai salah satu upaya mewujudkan negara yang demokratis haruslah dapat dilaksanakan dengan baik dan berkualitas, dimana Pemilu juga merupakan salah satu sarana demokrasi yang diharapkan dapat dijadikan sebagai perwujudan kedaulatan rakyat untuk menciptakan Pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat.

Tidak ada komentar:
Write komentar
Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium
close
<>

Translate

Wartawan

CATEGORY

close